Semua pasti mengetahui lagu dari ST12 yang berjudul Jangan Pernah Berubah. Meskipun lagi ini tergolong lagu lama, namun lagu tersebut masih enak untuk didengar hingga saat ini. Lagu yang dirilis pada tahun 2009 masih viral untuk nikmati tidak hanya untuk orang yang mencintai band dengan aliran Melayu tersebut. Lagu yang sempat viral dari aplikasi TikTok tersebut menjadi top chart musik tahun 2020 Berikut cerita dibalik lagu ST12 – Jangan Pernah Berubah.

Fakta pada lagu ST12 – Jangan Pernah Berubah

  1. Lagu yang membuat sang vokalis menangis

Charlie Van Houten atau yang lebih akrab dipanggil Charlie merupakan vokalis dari grup band ST12. Charlie sempat meneteskan air mata saat menyanyikan lagu Jangan Pernah Berubah pada saat grup band tersebut melakukan konser langsung pada tahun 2010. Setelah beberapa lagu yang berada pada deretan Album P.U.S.P.A tersebut dinyanyikan, sang vokalis menyuruh para ST Setia (sebutan untuk para fans ST12) menaiki panggung.

Setelah beberapa saat ada seorang ibu yang menceritakan bahwa almarhum anaknya sangat menyukai band beraliran Melayu tersebut. Dan saat itu, Charlie menyanyikan Jangan Pernah Berubah yang membuat sang ibu menangis dan diikuti sang vokalis dan para ST Setia lainnya. Sehingga membuat suasana konser menjadi suasana piluh.

  1. Hits di tahun 2009

Lagu ST12 – Jangan Pernah Berubah lagu yang sempat hits bersamaan dengan lagu P.U.S.P.A yang menjadi nama albumnya tersebut. Meskipun lagu yang bernuansa kesedihan sangat berbanding terbalik dengan P.U.S.P.A, namun sangat digemari terutama oleh para fans dari ST12.

  1. Arti dari sebuah perpisahan

Arti dari lagu Jangan Pernah Berubah merupakan bentuk ungkapan untuk seseorang yang telah ditinggalkan oleh sang pujaan hati. Charlie Van Houten meminta pada sang kekasih untuk tidak pernah meninggalkan beliau meskipun perpisahan telah terjadi. Karena rasa cinta pada seseorang yang sangat besar sehingga sangat berat untuk merelakan orang tersebut meninggalkan dari kehidupan.

  1. Melodi yang lirih

ST12 memang sangat pandai dalam menciptakan sebuah lagu yang sangat menyentuh hati. Terutama pada lagu Jangan Pernah Berubah yang menggunakan irama mellow khas Melayu, membuat lagu ini semakin menambah arti kesakitan saat berpisah. Sehingga membuat para pendengar larut dalam kesedihan dalam lagu tersebut.

  1. Populer di negeri jiran Malaysia

Meskipun ST12 berasal dari Indonesia, namun para ST Setia ada di mana-mana, termasuk di Malaysia. Negara dengan khas Bhasa Melayu tersebut sangat menggemari Band asal Bandung tersebut. Meskipun menggunakan Bahasa Indonesia pada setiap lirik lagunya, tidak membuat para fans tersebut enggan mendengarkan lagu kesedihan tersebut.

Dengan cengkok khas Melayu yang dilantunkan oleh sang vokalis, membuat lagu Jangan Pernah Berubah sangat disukai dan banyak di cover oleh para musisi-musisi negeri Jiran tersebut.

  1. Viral di tahun 2020

Meskipun lagu dari ST12 – Jangan Pernah Berubah adalah single di tahun 2009, namun pada tahun 2020 viral kembali. Berkat aplikasi TikTok dan web download lagu stafaband-76.com, banyak anak muda yang menggunakan lagu tersebut sebagai back sound dari video-video kecil mereka. Tak heran, banyak dari mereka yang ingin bernostalgia pada lagu tersebut. Sehingga Jangan Pernah Berubah sempat memasuki top chart kembali setelah 11 tahun lamanya pernah mengiasi belantika musik Indonesia. Itulah beberapa kisah dan fakta seputar lagu dari ST12 – Jangan Pernah Berubah yang saat ini sedang viral di jagad musik Indonesia. Meskipun lagu tersebut lagu lawas, membuat lagu Jangan Pernah Berbuah abadi meskipun sempat hilang untuk beberapa tahun belakangan.

Kategori: Lagu

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *